Out bond merupakan salah satu kegiatan luar kelas yang menyenangkan dan maengasyikan bagi para pelajar yang telah jenuh dengan pendidikan atau pembelajaran di dalam kelas. Kegiatan out bond merupakan kegiatan positif yang memiliki peran dalam pembentukan pemahaman karakter watak oleh orang lain terhadap diri sendiri.
Selain itu, out bond merupakan sarana bagi siswa dalam pelatihan mental kepemimpinan.
Inilah yang dilakukan oleh siswa-siswi SMA Negeri 1 Bengalon dan SMP Negeri 1 Bengalon di kampus SMA Negeri 1 Bengalon pada hari Sabtu, 16 Juli 2011. Mereka yang tergabung dalam Student Company yang merupakan hasil kerjasama dari Prestasi Junior Indonesia, PT. Kaltim Prima Coal dan Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur melakukan out bond dengan sangat gembira, karena hal ini dilakukan pada awal pembelajaran sekolah (Tahun Pelajaran 2011 / 2012). Kegiatan ini dibuka oleh perwakilan Kepala SMA Negeri 1 Bengalon, Bpk. Drs. Suardi pada pukul 08.00 WITA.
Kegiatan ini, tidak mereka sia-siakan, walaupun mereka terlihat gembira tapi mereka mengaku mereka serius mendengarkan arahan yang diberikan oleh trainer dari BPP-UTK Sangatta ini. Mereka pun mengatakan bahwa setelah permainan, trainer sangat asyik dalam memberikan makna dari setiap permainan. “kami pun sangat antusias dalam mendengarkan arahan dan makna dari setiap permainan yang diberikan trainer” kata salah peserta Out bond.
Dalam kegiatan yang dimulai sejak pukul 08.00 sampai 14.00 WITA ini, team trainer memberikan lebih dari lima permainan, dari permainan yang bersifat gembira atau pun kegiatan yang bersifat menguji kreativitas setiap siswa SC. Dalam kegiatan ini peserta yang berjumlah hamper lima puluh ini di bagi atas 3 kelompok atau regu. Regu 1 di ketuai oleh Sdri. Eva Septy, regu 2 diketuai oleh Sdra. Aska Ilmi, dan regu 3 diketuai oleh Sdra. Armedi R.
Menurut Staff PJI Kutai Timur, Bapak Rustam beliau menyatakan bahwa kegiatan ini bukan ajang untuk bersaing  satu SC dengan yang lainnya namun merupakan ajang bagi setiap anggota SC dalam meningkatkan jiwa kepemimpinannya dan kerjasama team yang baik yang akan diaplikasikan dalam pengembangan student company masing-masing sekolah.
Akhirnya, pada pukul 14.00 WITA kegiatan ini ditutup secara resmi oleh perwakilan PT. Kaltim Prima Coal, Ibu Jumaiah atau yang lebih akrab di sapa Ibu Maia. Dan sebelum benar-benar berpisah, mereka semua mengakhirinya dengan foto bareng dan bersalaman satu dengan yang lainnya. (langgengsefti@ymail.com)   

0 komentar:

Posting Komentar