Untuk memperingatii bulan suci ramadhan 1432 H SMANSA Bengalon sudah menjadi agenda rutin yakni mengadakan pesantren Ramadhan. Pesantren ramadhan kali ini disiapkan oleh pihak sekolah bekerjasama dengan pengurus OSIS yang baru dilantik beberapa hari yang lalu. Kegiatan pesantren ramadhan kali ini di seting agak berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni dari jenis materi yang disampaikan hanya terfokus pada tiga pengajaran yaitu : ta’lim muta’alim, tajwij dan fikih.
Metode penyampaian materi mengadopsi metode klasik pesantren salaf yakni dengan sistem bandongan, yaitu santriwan dan santriwati mencatat apa yang disampaikan ustadz sambil sesekali menerangkan bab-bab yang perlu penjelasan. Metode  tersebut cukup mendukung siswa dalam memahami materi yang telah dipelajari, karena santriwan dan santriwati dapat mengkaji ulang atas materi yang telah disampaikan. Metode ini sebagai upaya agar setelah usainya pesantren ramadhan para siswa mempunyai pemahaman yang bisa di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan pesantren dilaksanakan selama 3 hari yakni dari hari kamis tanggal 4 hingga hari sabtu tanggal 6 Agusttus 2011.
 Hari terahir pelaksanaan sampai sore hari dengan penjadwalan mulai pagi diawali dengan tadarus al Qur’an, dilanjutkan penyampaian materi lanjutan tentang tajwij, fikih dan ta’limul muta’alim, kemudian setelah sholat dhuhur berjamaah diisi kultum oleh santriwan santriwati yang telah ditunjuk. Kultum dari siswa dimaksudkan untuk memberikan latihan ceramah agar menjadi siswa yang teampil dalam bicara. Acara berikutnya adalah pendalaman materi, yaitu sebagai bentuk evaluasi atas materi yang telah dielajari selama 3 hari di dalam pesantren ramadhan.
Setelah pendalaman materi selesai dilanjutkan dengan lomba cerdas cermat agama antar kelas. Acara ini merupakan puncak kegembiraan santriwan dan santriwati,  dimana mereka bisa saling berkompetisi untuk menunjukkan kehebatan kelasnya, tampak suara supporter dari masing-masing kelas meneriakkan yel-yelnya yang membuat suasana menjadi meriah. Berikutnya disusul dengan acara pembagian hadiah antar juara CCA sebagai pengahargaan atas kemenangan dan partisipasinya dalam mengisi pesantren ramadhan.  Cerdas cermat selesai tepat waktu ashar maka langsung diadakan shalat ashar berjamaah dilanjut dengan kultum  dan tadarus dari siswa sampai masuk waktu magrib, dan ahirnya tibalah saat yang ditunggu-tunggu yakni buka bersama……..alhamdu lillahi rabbil ‘alamien

0 komentar:

Posting Komentar